Kewirausahaan (pudding oreo)
BAB
II
ANALISIS
PASAR DAN PEMASARAN
2.1 Produk Pasar Dan Pemasaran
Wirausaha adalah proses
mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.Visi
tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan
sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang
dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian. Kami melihat peluang usaha
ini dari kurangnya variasi dalam pembuatan pudding dikalangan mahasiswa,
terlebih di pada “Universitas Mitra Indonesia” masih banyak peluang yang
didapat untuk memperjual belikan suatu inovasi disana.
Dalam memasarkannya secara
langsung dan tidak langsung seperti memasarkan di lingkungan kampus dan kami
juga mempromosikan melalui jejaring sosial seperti akun Instagram dan
menyebarkannya pada teman-teman terdekat.
2.2 PLC (Paragraph)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image001.jpg)
Produk kami, “Swetty’s adalah
produk makanan yang kami kembangkan dengan bahan dasar agar-agar rumput laut
dengan bervariasi oreo sebagai topping utama-nya. Awalnya kami me-mulai untuk
memasar-kan produk melalui media internet seperti, via Instagram, facebook,
go-food pada gojek ataupun memberikan brosur. Agar-agar banyak diminati oleh
kebanyakan kaum wanita khususnya penyuka manis atau sekedar deesert setelah
makan. Gagasan ini menggerakkan kami untuk ingin membuka took usaha Pudding oreo.
2.3 Bauran Pemasaran (4P)
2.3.1 Product
o Type : Agar-Agar Manis
(Puding)
o Brand : Swetty’s
o Quality : Puding yang kaya akan serat
rumput lau, dipadukan dengan susu full
cream dan remahan oreo membuat
pudding ini menjadi trend.
o Packing : Bahan mangkuk kecil plastic
dilengkapi dengan tutup dan sendok kecil
o Size : - mangkuk kecil :
Diameter 5cm
2.3.2. Price
· Price List :Puding Oreo : Rp. 5.600,-
Berdasarkan hasil dari
perhitungan bahan-bahan untuk membuat Swetty’s Pudding Oreo, kami menerapkan
Cost Base pricing[1].
Dengan perhitungan harga total bahan-bahan [2]adalah
Harga Bahan Rp. 250.500
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
Rp.
280.800,-
Kami menetapkan keuntungan sebesar
20%, dengan perhitungan :
= 280.800 + (280.800 x 20%)
= 280.800 + 56.160
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.png)
60
Berdasarkan perhitungan diastase,
maka di dapat perhitungan harga Rp. 5.600/cup pudding.
2.3.3. Promotion
· Advertising : Menggunakan media
sosial seperti akun
Instagram,
WhatsApp, Facebook, Go-Food (Gojek).
· Personal Selling : Menjual secara langsung di
lingkungan kampus dengan memberikan discount atau tester sebagai pengenalan
produk Sweety’s
4. Place
· Channel : Saluran Distribusi 1
Yaitu saluran distribusi langsung dimana
terjadi transasksi antara
Penjual dan Pembeli.
· Location : Depan Kampus Universitas
MitraIndonesia, Jl. Zainal Abidin Pagar Alam No.7, Gedong Meneng, Rajabasa,
Kota Bandar Lampung, Lampung 40115
2.4 Segmentasi Pasar
Di segmentasi geografisnya, Sweetyt’sberada didaerah sekitar
Lampung, khusus-nya didaerah perkampusan dimana banyak minat mahasiswa yang
menyukai hal yang baru. Termaqsuk inovasi dibidang maknan atau dessert.
Secara demografis, Sweety’s menargetkan Mahasiswa (khususnya) dan
jenis kelamin perempuan. Swetty’s diproduksi untuk semua kalangan dan untuk
dikonsumsi siapa saja.
Secara psikografis, Sweety’s ditunjukkan untuk kalangan social
menengah. Dimana harga dari kemasan yang kami tawarkan sebesar Rp……. Selain itu
Sweetty’s dapat dengan mudah dibawa, dan dapat dinikmati baik dalam keadaan
dingin atau suhu normal. Karena Swetty’s dibuat dengan bahan-bahan yang alami,
Pudding Sweety’s dapat bertahan lama hingga semingu.
2.4.1
Target
Target yang harus dicapai dalam
penjualan Pudding ini adalah: 100cup Pudding, yang mana kita akann membuka
sebuah truk dalam bentuk box container yang sdang trending topic dikalangan
food street. 100cup Pudiing akan terjual dimana Toko buka pada jam 08.00 hingga
21.00. tak hanya mengandalkan sebuah took, kami juga memasarkan produk kami
melalui Go-Food (GOJEK) dimana banyak dari kalangan menengah keatas memakai
aplikasi jasa tersebut untuk membeli sesuatu. Selain Go-Food, WhatsApp dan Instagram
kami selalu standby pada jam operasional.
2.4.2
Positionning
Swetty’s dapat bersaing dalam
pasar local penjualan pudding. Dari keunggulan-keunggulan dimiliki, tak heran
Swetty’s akan banyak diminati oleh kalangan mahasiswa. Yang mana hampir 85% pembeli
pudding Swetty’s adalah kalangan Wanita.
Kebanyakan wanita menyukai rasa
manis dan dingin, Swetty’s sangat cocok untuk dikonsumsi dan baik untuk
pencernaan.
2.5 Analisis SWOT dan TOWS
Strenghts
( Kekuatan )
|
1. Harga terjangkau.
2. Bahan baku mudah didapat.
3. Rasa yang paling banyak dinikmati oleh
para mahasiswi
4. Varian Oreo mayoritas dikenal oleh
kalangan mahasiswa/i
|
Weaknesses
( Kelemahan )
|
1. Belum bisa menerima pesanan yang banyak
karna keterbatasan SDM, dan tempat membuat produk tersebut.
|
Opportunities
( Peluang )
|
1. Banyak diminati
2. Tidak semua pesaing dapat menerima
custom
|
S-O
|
1. Membuat toko sendiri
2. Meningkatkan penjualan.
|
W-O
|
1. Kami membuat preorder jika ingin
memesan banyak agar tidak kewalahan dalam membuatnya.
|
Threats
( Ancaman )
|
1. Banyak pesaing
2. Setiap konsumen pasti berbeda-beda kesukaan Varian, dan
rasa manis pada puding
|
S-T
|
1. Membuat motif dan bentuk yang
bervariasi
2. Meningkatkan mutu dagang dan pelayanan
|
W-T
|
1. Membuat beberapa Varian dan siza beda
dalam memasarkan pudding
|
BAB
III
ANALISA
PRODUKSI
3.1 Bahan Baku
3.1.1 Produk Pouch
Bahan-bahan membuat Pudding Oreo
:
Layer 1 :
2 bungkus nutrijel
pudding Cokelat Rp. 10.000 Rp. 20,000
2 kotak
(500ml) susu cair UHT …..Rp. 6.000 Rp.
12.000
1/8 Gula
pasir
1 bungkus oreo,
hancurkan kasar
4 Sendok makan Maizena
2 sendok the Cokelat bubuk
2 sachet Susu Kental Manis Cokelat
Layer 2 :
3 bungkus agar-agar Swallow
1/8 Gula Pasir
4 sendok makan Maizena
3.2 Cara Membuat
1.
Siapkan bahan puding oreo.
2.
Masak susu cair, nutrijel, gula,
cokelat bubuk, dan susu UHT, masak sampai mendidih.
3. Matikan
kompor, lalu tuang ke dalam cup 1/4cup
4. Sambil
menunggu setengah dingin, buat Layer ke 2 dengan cara sama, tuang agar-agar
kedalam cup hingga menimpa layer 1 lalu tambahkan oreo yang sudah ditumbuk
kasar lalu tuangkan Layer 3 dengan adonan cokelat.
5. Kembali
masukkan layer ke 4 dengan adonan berwarna pink
6. Sisihkan
dan tunggu hingga padat
BAB
IV
ANALISIS
SUMBER DAYA MANUSIA (SDM)
Keunggulan dan kompetensi SDM :
a. Admin
Adalah usaha atau kegiatan yang
berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan
Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat,
surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat
teknis ketatausahaan
b. Produksi
Produksi merupakan suatu kegiatan
yang dikerjakan untuk menambah nilai guna suatu benda atau menciptakan benda
baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Sedangkan kegiatan
menambah daya guna suatu benda dengan mengubah sifat dan bentuknya dinamakan
produksi barang.
c. Pemasaran
Adalah aktivitas, serangkaian
institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan
mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat
umum. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian
bertumbuh menjadi keinginan manusia.
BAB
V
ANALISIS
KEUANGAN
5.1 Modal Usaha
5.1.1 Bahan-bahan membuat Pudding
Oreo
Layer 1 :
2 bungkus nutrijel
pudding Cokelat Rp. 10.000 Rp. 20,000
2 kotak
(500ml) susu cair UHT …..Rp. 6.000 Rp.
12.000
1/8 Gula
pasir Rp.
3.000 Rp. 1.500
1 bungkus oreo,
hancurkan kasar Rp. 9.000
4 Sendok makan Maizena Rp.
1.500 Rp. 750
2 sendok the Cokelat bubuk Rp.
2.500 Rp. 2.500
2 sachet Susu Kental Manis Cokelat Rp.
1.500 Rp. 3.000
Layer 2 :
3 bungkus agar-agar Swallow Rp. 3.500,- Rp.
10.500
1/8 Gula Pasir Rp.
3,000 Rp. 1.500
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image014.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image015.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image016.png)
Dalam sekali produksi, dari
bahan-bahan diastase menghasilkan pudding oreo 15cup. Dalam sehari kami akan
memproduksi sebanyak 60cup.
61.500 x 3 = Rp. 184.500
60 cup Rp.
600 Rp. 36.000
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image017.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image018.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image019.png)
5.1.2 Tempat Usaha
Booth Container Rp. 750.000
![Gambar terkait](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image021.jpg)
Listrik/bulan Rp. 60.000
Kursi model taman (2) Rp. 30.000 x 2 Rp.
60.000
![Hasil gambar untuk kursi murah taman puti](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image023.jpg)
Kulkas Showcase (2) Rp. 450.000 x 2 Rp. 900.000
![Hasil gambar untuk kulkas showcase](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image025.png)
Buku Nota Rp.
2000
Pena Rp. 2000
Plastik kecil Rp . 9000
Plastik sedang Rp. 11000
Kalkulator Rp. 25000
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image026.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image027.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image028.png)
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image029.png)
Berdasarkan perhitungan diatas
1.819.000 : 60 = Rp. 30.300
5.2 Penentuan Harga Produk (Cost
Base Pricing)
Harga Bahan Rp. 250.500
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.png)
Rp.
280.800,-
Kami menetapkan keuntungan sebesar
20%, dengan perhitungan :
= 280.800 + (280.800 x 20%)
= 280.800 + 56.160
![](file:///C:/Users/perpus/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image003.png)
60
Berdasarkan perhitungan diastase,
maka di dapat perhitungan harga Rp. 5.600/cup pudding.
test
BalasHapus